Liputan Retret Komisi Remaja GKI Serpong 2010 :D

Jadilah terang, jangan di tempat yang terang...
Jadilah terang, di tempat yang gelap...
Merasa familiar dengan kalimat di atas? Yap, itu adalah awal dari lagu Terang, lagu tema Retreat KOR'S tahun ini. Retreat yg bertema "Glow In The Dark" ini diadakan di Taman Piknik Ciloto, Puncak, pada 21-23 Juni 2010 yang lalu.
Perjalanan ke lokasi waktu itu cukup tersendat karena banyaknya kendaraan yang menuju Puncak. Tapi rasa lelah di perjalanan langsung terbayar begitu melihat lokasi yang dituju. Lokasi tempat retret kita ini ternyata keren bangeeetttttt. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap dan memadai untuk retreat kita: kolam renang, flying fox, aula, lapangan untuk outbound, dan yang paling penting tempat tidur yang nyaman.
Setelah istirahat sejenak, acara retreat dimulai dengan sesi 1. Sesi 1 yang bertemakan "Jadi Anak Terang" dipimpin oleh Kak Daniel. Dalam sesi ini Kak Daniel menerangkan kepada peserta bahwa tiap-tiap anak Tuhan dijadikan di dalam dunia untuk menjadi terang dan garam dunia. Tanpa adanya dua hal itu manusia ngga mungkin bisa hidup kan? Terus Kak Daniel juga kasih tahu kalau kita mau terang kita tetap menyala kita harus dekat dengan Tuhan dan saling mendukung satu sama lain.
Setelah istirahat, mandi dan makan, acara dilanjutkan ke sesi 2. Kali ini tema "Tetap Bersinar Dalam Gelap" dibawakan oleh Kak Yoyo. Sebagai anak terang, kita harus memberikan terang yaitu dengan cara menuntun sekitar kita menuju kebaikan. Karakternya antara lain berikatpinggangkan kebenaran, berbajuzirahkan keadilan, berkasutkan kerelaan, berperisai iman, berketopong keselamatan, dan berpedang roh. Bingung? Makanya ikut retreat dong! Dan satu lagi pesan Kak Yoyo yang ngga boleh terlupa, tetap berdoa dan berserah pada Tuhan.
Di hari kedua tidak ada sesi di dalam ruangan. Peserta diajak untuk beraktifitas outbound sepanjang hari, dengan Tim Exalt sebagai fasilitator. Acara dibuka dengan ice breaking games di dalam ruangan, di mana peserta mulai dibagi menjadi empat tim yang saling bersaing. Game outbound yang dilakukan yaitu Star Point, Tik Tak Boom, Nosalome, Water Games, Flying Fox, dan Final Game berupa perang air. Di dalam acara outbound ini peserta benar-benar diajak main cara seru dan bermanfaat, mulai dari basah-basahan, menggunakan memori, berpikir pemecahan masalah, menantang ketakutan, dan yang pasti kerja sama tim.
Hari terakhir diisi oleh satu sesi yang dipimpin oleh Pdt. Yosias Nugroho Wijaya. "Menuai Berkat". Dalam sesi ini, Pdt. Yosi bilang kalau kita sebagai terang dan garam dunia harus punya sukacita dalam hidup kita. Pdt. Yosi juga bilang kalau kita sudah sukses menjalankan tugas sebagai terang dan garam dunia, maka kita akan mendapat berkat dari Tuhan.
Dalam perjalanan pulang, sempat ada kejadian yang lumayan menegangkan. Bisnya ngga kuat naik! Wuah seisi bis langsung panik, tapi puji Tuhan supirnya berpengalaman dan akhirnya bis bisa berjalan tanpa masalah.
Seru kan retreatnya? Nyesel deh kalau ngga ikut... Yang bisa dilakukan cuma menunggu dua tahun lagi untuk ikut retreat remaja lainnya, hehehe...


*liputan yang dibuat dalam waktu terbatas dengan tempat yang terbatas jadinya gitu huakakakakaka*

Comments

Popular posts from this blog

Beasiswa LPDP #5 - Persiapan Keberangkatan (PK)

Terima Kasih Tuhan

Surat 1