Refleksi Seorang Anak Bandel

Sejak kecil, aku selalu mikirin orang tuaku. Aku selalu mikir ini layak ngga buat mereka, gimana cara bikin mereka seneng, gimana caraku nebus kesalahan-kesalahanku, gimana aku bikin mereka bangga, gimana caranya ngalahin diri sendiri supaya mau nurut, gimana caranya ngalahin diri sendiri untuk ngga males bantu mereka, hal-hal kayak gitu lah.. Sampe pas TK aku ngga pernah mau denger lagu "Surga di Telapak Kaki Ibu"nya Enno Lerian. Tiap denger lagu itu aku ketakutan...takut ngga bisa masuk surga karena aku selalu bandel.
Semakin gede, aku semakin bandel, itu jelas. Waktu SD entah berapa kali aku bohong untuk hal yg sederhana : main ke rumah temen. Tapi akhirnya pasti ketauan sih hehehehe.. Cuman yahh itu menurutku merupakan salah satu tanda bahwa aku bukan anak yang baik dan bertanggung jawab sejak kecil. Pernah juga aku sms temenku dan NGATA NGATAIN DIA SECARA EKSTRIM. Gila banget itu... Sampe orangtuanya ngamuk-ngamuk sama aku. Terus pernah juga aku dihukum cuma bawa uang transport ke sekolah karena uang sakuku habis padahal di catatannya masih banyak. DAMNIT I WASN'T EVEN CLOSE TO GOOD hahahahaha.
Waktu SMP... Apa ya kebandelanku? Oh iya, ngeluuuuh terus hapeku jelek. Padahal aku udah dikasih hp sejak SD, berarti aku udh dapet fasilitas lebih cepet. Masiiih aja ngga bersyukur. Terus waktu kelas 2, aku ketua kelas...dan mungkin aku ketua kelas paling otoriter. Nah aku stress sendiri dan akhirnya sering ngerusak suasana di rumah. Kelas 3 aku harusnya belajar total buat UN, yg ada malah aku maiiiin terus bareng gengku dan nilaiku jeblok. Baru pertama kali dapet nilai IPA 6 ya kelas 3 SMP itu. Padahal orangtuaku pasti berharap aku dapet nilai bagus seperti biasa...mereka kecewa lagi. OMAIGAT WHAT KIND OF CHILD AM I?
SMA. Oke semua orang tau masa ini masanya remaja sok udah gede, maunya bebas ke sana sini. Dan aku pun begitu. Liar. Seringkali aku pulang sore hanya untuk bersenang-senang di ruang OSIS dan berdalih rapat. Ngga sepenuhnya bohong sih, tapi sebenernya rapatnya mah singkat ketawa ketiwinya yang panjang. Di sekolah, bukannya aku belajar yang bener, aku malah seringan main. Hueh parah abis... Untung guru-guru cinta sama aku hahahahaha. Di SMA ini pengendalian uangku semakin bermasalah. Bene-bener kacau! Uang saku tuh passsss persis. Udah gitu, tagihan hpku seringkali INFLATED alias menggelembung. Padahal yang bayar bapak. Ngga bener deh pokoknya.. DAN MEREKA PUN KECEWA LAGI.
Aku bisa membela diri dengan membeberkan sisi lain... Tapi aku merasa ngga layak. Ngga tau harus gimana untuk membuat rasa kecewa yang pernah orangtuaku rasakan bisa luntur dan tergantikan rasa bangga. Refleksi singkat itu membuat aku semakin sadar sama kesukaran yang kurtimbulkan dan betapa aku harus berubah untuk menjadikan kesukaran yang kutimbulkan berkurang. GIMANA CARANYA?!?!?!?! Eh kebetulan sekarang aku masuk universitas, sebuah kehidupan baru yang belum kelihatan kanvasnya. Aku punya kesempatan untuk...walaupun bukan menggantikan tapi memperbaiki apa yang sudah kulakukan. Aku mau jadi anak baik, yang keluar rumah kalau alasannya bener. Aku mau jadi anak bertanggungjawab yang bisa mengatur keuangannya sendiri. Aku mau jadi anak membanggakan yang nilainya bagus. Aku mau jadi aku, seorang Aida Astuti Cahyaningwidi Rahayu Sutopo, yang layak disebut anaknya Agus Purwanto Rahayu Sutopo dan Endang Tri Retnosasi.

Comments

Popular posts from this blog

Beasiswa LPDP #5 - Persiapan Keberangkatan (PK)

Terima Kasih Tuhan

Surat 1