Aku Mengingat Hari Itu

Minggu ini minggunya anak SMA UN. Mulai berseliweran deh tweet-tweet sedih, status-status galau, album-album foto facebook baru, obrolan-obrolan soal UN, soal kuliah, dan yang pasti soal perpisahan...

Dulu (ceilah, dulu, padahal baru tahun lalu) saya juga pernah mengalami hal itu. Duduk bareng di kantin untuk makan, pegangannya ngga jauh-jauh dari buku saku rumus. Nongkrong bareng di lorong sekolah, omongannya ngga jauh-jauh dari rencana mau pake apa pas perpisahan. Jeda jam pelajaran di kelas, ketawanya ngga jauh-jauh kalo ngga berhasil ngerjain soal susah ya saking susahnya soal sampe gatau mau ngapain. Main UNO rame-rame di kelas, bahasannya ngga jauh-jauh dari "mau kuliah apa di mana". Dan istirahat di kelas, ngga jauh-jauh dari gitaran dan nyanyi bareng...

Satu waktu, saya iseng nulis di papan tulis "Saat kita tua nanti dan hidup masing-masing, ingatlah kelas ini." Teman saya refleks menyenandungkan lagu itu. Akhirnya saya menulis keseluruhan lirik di papan tulis secara acak dan dibantu garis-garis yang berseliweran menunjukkan arah, dengan kalimat itu masih tertulis besar-besar di tengah, lalu kami sekelas menyanyikannya dengan sepenuh hati. Itu adalah salah satu dari beberapa waktu kami menyanyi sepenuh hati sambil rada-rada terharu bombay.

Kejadian itu norak memang, tapi betul-betul terjadi. Ingatlah Hari Ini. Lagu paling favorit untuk perpisahan, dari jamannya saya SD, SMP, sampe SMA selalu nyanyi lagu itu pas deket-deket perpisahan. Atau bahkan pas lagi ada momen ngumpul sama temen-temen. Rasanya ngga temen deh kalo ngga nyanyi lagu itu. Sambil nyanyi saya pasti berpikir bahwa suatu saat saya akan mengenang momen itu, tapi jujur aja setelah selesai saya akan ketawa karena merasa hal itu kekanak-kanakan sekali.

Sekarang, saya benar-benar mengingat hari itu. Saya mengingat kelas itu. Saya mengingat waktu saya berdiri menghadap papan tulis dan mengagumi tulisan saya. Saya mengingat waktu saya duduk berdesakan di belakang kelas untuk menyanyikan lagu itu. Saya ingat bis yang bergoyang-goyang ketika kami berjingkrak-jingkrak menyanyikan lagu itu. Saya ingat debaran yang terasa waktu saya mendengar lagu itu barang sepenggal saja.


Jadi buat saya, menyanyikan lagu itu rame-rame engga lagi konyol, tapi benar-benar berpesan : Ingatlah Hari Ini.

#NP Ingatlah Hari Ini - Project Pop

Comments

Popular posts from this blog

Beasiswa LPDP #5 - Persiapan Keberangkatan (PK)

Terima Kasih Tuhan

Surat 1