Tips Dapat Nilai Bagus Tanpa (Terlalu) Kerja Keras

Ini saya sedang dalam masa UTS dan besok ada 2 ujian yang sebenarnya cukup sulit. Tapi saya bukannya belajar malah nulis postingan baru. *tepok jidat*
Baiklah kita mulai dari latar belakang penulisan. Saya sering kali ditanya oleh temen-temen saya, gimana cara belajarnya supaya nilainya bisa bagu.s? (ini ditanyanya waktu SMA ya bukan waktu kuliah - red.) Saya sering kehabisan kata karena jujur aja saya nggak punya kebiasaan belajar yang cukup bagus untuk bisa disebarkan dan ditiru. I thought it was all about luck. Tapi ketika saya melihat ke belakang, saya rasa ada beberapa hal sederhana yang saya lakukan yang tidak dilakukan oleh teman-teman yang nilainya di bawah saya, tapi dilakukan dengan lebih baik oleh teman-teman yang nilainya di atas saya. Hal-hal kecil ini bisa menolong kita untuk, katakanlah, mendapat nilai bagus secara mudah, almost effortless for me.




Tidak datang terlambat ke kelas.
Dengan datang lebih awal, kita nggak terburu-buru dan jadi punya waktu untuk memilih tempat duduk, menyiapkan apa yang kita butuhkan, dan menyiapkan otak dan hati untuk menerima pelajaran. Coba kalau telat, pengalamanku sih, lari-lari, ngos-ngosan, deg-degan, duduk paling belakang, udah ketinggalan pembukaan, akibatnya : NGGAK MUDENG BLAS. Mending gak masuk sekalian dah haha

Perhatikan saat dosen menerangkan dan CATAT
Gunakan kesempatan untuk belajar dalam kelas semaksimal mungkin. Dengarkan dosennya ngomong apa, catat apa yang ditampilkan di slide atau di papan tulis walaupun beliau bilang bahwa beliau akan memberikan softcopy atau hardcopy materi. Catat tambahan-tambahan dari dosen yang tidak ada di proyektor atau di diktat. Jangan malah sibuk dengan hp, atau laporan. ITU BISA DI LUAR KELAS, kawan-kawan. Gimana mau ngerti kalo pas diajarin aja gak merhatiin hayoo? Biarlah urusan di luar kelas jadi urusan di luar kelas, urusan dalam kelas ya belajar. Yah, saya juga nggak selalu mematuhi aturan ini, tapi dari 7x kuliah seminggu, biasanya maksimal cuma 1x saya nggak merhatiin dosennya. Oh iya soal catatan, suka merasa dosennya terlalu cepet dan gakbisa nyatet rapi? Catatan di kelas itu nggak harus rapi. Catat aja sekenanya, nanti di rumah diberesin lagi. SEMPETIN, jangan males. Kalo males ya berarti belajarlah nulis cepet dengan rapi.

Catat tugas dan kerjakan sebaik-baiknya. Sendiri.
Banyak di antara kita yang males nyatet pas ada tugas. Padahal bisa aja informasi yang dari temen itu terdistorsi dan akhirnya salah. Atau, kita lupa nanya, pas kita nanya, deadline-nya besok dan akhirnya nyontek. Saya juga sering gitu sih, tapi itu sangat tidak bagus. Kenapa? Karena tugas diadakan dengan harapan kita belajar. Dan kalau nyontek, belajarnya gimana dong? Yah kalo nyontek terus merhatiin, terus tau kalo salah sih nggak begitu masalah. Saya pernah nyontek dan akhirnya nilai saya yang lebih bagus karena menurut saya yang saya contek nggak masuk akal dan saya memutuskan untuk hitung ulang semuanya. Kan belajar juga tuh akhirnya. Sementara itu, dengan mencatat tugas, kita jadi punya kebiasaan bagus untuk buka lagi buku catatan untuk ngecek tugas. Nggak terasa, pasti ada sleintas-selintas yang kebaca dikit. Lumayan buat bantu-bantu.

Baca catatan pas nganggur
Misalnya pas kuliah, dosen matkul itu belum dateng. Buka-buka aja catatan kuliah itu dari minggu sebelumnya. Asiknya kaya gini, pas dosennya nanya kita tau jawabannya dan ditandai, terus dapet nilai plus. Eng ing eng seru kan. Lagian, kata orang kan makin sering baca makin banyak yang teringat. Kali-kali aja bener..

Kalau punya waktu luang, salin materi softcopy ke buku catatan
Why oh why? Karena dengan menyalin materi ke buku catatan, kita MEMBACA dan MENULIS materi itu. Mau nggak mau, biarpun dikit, pasti ada yang nyantol. Pada dasarnya, kita kalau pernah membaca suatu hal dengan sungguh-sungguh biasanya akan teringat lagi suatu saat kemudian. Aku, asal udah pernah baca (dengan syarat bukan rumus atau isian singkat), dijamin bisa jawab kalau ditanya.

Oke, yang di atas itu memang sangat kerja keras. Kadang berat buat dijalanin. Padahal katanya effortless kan? Hmmm. Gini nih cara yang menyenangkan.

Main sama anak pinter
Anak-anak pinter punya kecenderungan untuk nggak berhenti memikirkan pelajaran. Diomongiinnnn terus. Nah kalo diajak ngobrol dan diskusi soal kaya gitu, mau gak mau kita mikir, dan pada akhirnya inget. Males mikir? DIEM AJA, TAPI TEMPEL TERUS. Nguping aja dah apa yang mereka omongin. Bingung? Iya pasti, tapi lama-lama juga ngerti.

Ajakin temen-temen barengan pas ngerjain tugas
Ini, selain punya banyak sumber buat nyontek, biasanya akan menimbulkan diskusi juga. TEMPEL TERUS DAN NGUPING jadikan prinsip hidup, termasuk buat cara yang satu ini.

Pura-pura tebak-tebakan sama anak pinter dan biarkan mereka melanjutkan
Lagi, TEMPEL TERUS DAN NGUPING! Dulu waktu saya SMP, ada sekelompok anak di kelas yang selalu bikin tebak-tebakan setiap mau ulangan. Saya, tiap mau ulangan, selalu berada di sekitar mereka. Diem aja, ngamatin, nggak ikut main karena belum belajar. Akhirnya? Biasanya nilai saya paling bagus HO HO HO.

Bersikap santai, sesulit apapun ujiannya
Daripada ber-ya-ampunnn-ya-ampuunn-gue-belum-belajarrrrr-gimana-dong-gimana-dong, mending woles aja. Baca semampunya, tapi kuasain bener bener. Itu lebih bagus daripada baca seluruh materi TAPI KAGAK INGET APA-APA. Yaelah. Saya, kalau nggak belajar sama sekali, bakal bilang, hadeh cape cape belajar. Tadi malem aku yutuban dong. Nah, kitanya selow, mikirnya enak. Yang diledek panik terus kacau deh hihihihi *jahat*


dan dari semua itu yang paling penting adalah...

TIDAK BELAJAR PADA MASA UJIAN
Kesannya merupakan suatu tindakan yang salah ya? Ya ampun. Kalian yang salah! Belajar pada masa ujian membuat otak terlalu penuh dan pada akhirnya membuat kita bingung pada saat ujian dan tetoooot blank deh. Kalau emang niat belajar, ya udah rutinin belajar, jangan pas ujian. Mending nggak sama sekali . Otak udah tiap hari dijejelin tugas, laporan, dkk dll. Itu pun belajar, kalau memang kita serius. Ketika ujian, saatnya otak mengambil waktu tenang, bernapas, dan mengendapkan materi-materi yang selama ini kita terima. Kalau nggak belajar terus gagal? SALAHMU SENDIRI, wek :p

Sekian tips dari saya. Semoga berguna deh buat besok besok :D *dadah dadah*

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Beasiswa LPDP #5 - Persiapan Keberangkatan (PK)

Terima Kasih Tuhan

Surat 1