Academic (and) Life

Minggu depan saya wisuda, jadi saat ini status saya kurang jelas. Mahasiswa, sudah bukan. Pengangguran, belum dilepas kampus.

Saya termasuk orang yang lulusnya agak terlambat. Saya lulus setelah jadi mahasiswa selama 4 tahun 5 bulan. Tapi saya beruntung saya bisa lulus dengan nilai yang cukup baik. Setelah ngeyel memperpanjang masa studi selama satu semester, akhirnya saya bisa memperoleh predikat cumlaude.
Jujur. Saya bangga banget sama diri saya sendiri. Biarpun predikatnya diperoleh dengan waktu yang lebih lama dibanding orang-orang lain yang memperoleh predikat itu. Biarpun nilai saya hanya setipis rambut di atas batas minimal untuk memperoleh predikat itu. Tapi saya bangga. Setidak-tidaknya ada sesuatu yang lebih dibanding hanya lulus.
Tapi...

Sepertinya yang bangga hanya saya seorang.

Kali ini saya mau curhat soal reaksi orang tua saya mengenai kehidupan akademik saya selama ini. Beneran ini curhat banget.

Bapak saya, academic minded pada taraf yang cukup brutal. Saya wajib S2 dan harus mengupayakan S3. Kenapa? Karena beliau sudah lulus S2 dan sedang bercita-cita untuk melanjutkan sekolahnya. Mau jadi doktor, for the sake of his own happiness. Efek dari ini adalah....menurut Bapak saya prestasi akademik bukanlah prestasi yang patut dibanggakan. Prestasi dalam bidang akademik adalah KEWAJIBAN saya sebagai mahasiswa (atau siswa). Selain itu, rasanya apapun yang saya lakukan dan raih, beliau sudah pernah (kecuali menerima predikat cumlaude), jadi beliau ya biasa aja. "Halah Bapak juga pernah jadi pelajar teladan, wajar lah kalau kamu juga." atau "Ya kamu kan pinter, wajar lah kalo juara umum." atau "Ya kamu cumlaude sih, tapi lulusnya belakangan, kalo Bapak biarpun nggak cumlaude tapi lulusnya duluan dulu.". A bit demotivational, isn't it? Jadi apapun, apapun, yang saya lakukan, beliau biasa aja. Diterima PTN ya biasa aja. Beda dengan adik saya yang eksentrik dan seenaknya sendiri itu. Dia diterima PTN Bapak sampe nangis saking senangnya. Iri? Oh enggak. Saya bersyukur saya pintar, tapi kadang sedih karena ya sepinter-pinternya orang mau ngeraih sesuatu juga pake usaha. Rasanya usahanya itu nggak dianggap gitu. Ya nggak sih? Bagusnya dari ini adalah..saya selalu berusaha keras untuk meraih lebih, lebih, lebih. Siapa tau kalau raihan saya cukup tinggi akhirnya beliau bisa keliatan  rada bangga. Haha.

Mama saya, sebaliknya, not academic minded at all. Mama dulu kuliah D3 hanya karena harus kuliah dan jurusannya pun ikut-ikut orang. Sampai sekarang Mama hampir sama sekali nggak ingat apa yang dipelajari dulu waktu kuliah, yang diingat Mama hanya teman-temannya. Buat Mama, prestasi akademik itu NGGAK PENTING. Buat Mama, sepinter-pinternya orang, dia itu nggak hidup sama itung-itungan, atau sama teori. Mungkin beliau lupa dosen berkutat dengan itu semua sepanjang hayat ahaha. Mama nggak terlalu peduli saya dan adik saya nilainya bagus apa enggak, asal bisa lulus. Buat Mama yang penting kami bisa ngerjain kerjaan rumah. Serius. Kami bakal dimarahi kalau berkutat lama dengan buku pelajaran atau sibuk ngerjain tugas dengan laptop karena menurut beliau itu 'di rumah tapi nggak ngerjain apa-apa'. Nah, efeknya adalah....apapun prestasi saya yang berkaitan dengan akademik, itu nggak membuktikan apa-apa buat beliau. "Mama seneng kamu jadi pelajar teladan, tapi nggak teladan kalo cuma bisa ngerjain soal, harus ngerti juga kalo di rumah banyak kerjaan...kamu kan hidup nggak ngerjain soal." atau "Mama bangga kamu juara umum, Mama nggak perlu bayar sekolahmu haha." atau "Mama sih akan seneng kamu sekolah di manapun, tapi kamu harus tau sekolah di luar kota itu biayanya gede banget dan bukan cuma bayar SPPnya aja.". Ibu-ibu banget kannn hahaha. Jadi apapun, apapun yang saya lakukan, selalu diberi selamat dengan tapi... Selalu kurang, nggak pernah cukup. Dan reaksi saya sama, oke ini kurang, harus lebih lagi lebih lagi. Siapa tau kalau raihan saya cukup tinggi akhirnya beliau bisa keliatan rada puas.

Baru-baru ini, saya mendaftarkan abstrak saya ke sebuah seminar yang diadakan sebuah politeknik di Jawa Timur. Puji Tuhan, lolos. Saya harus menyiapkan makalah dan siap untuk hadir mempresentasikan makalah itu. Ketika saya cerita ke orang tua saya....
Saya : Ma, Pak, abstrakku lolos. Jadi bulan depan aku pergi buat presentasi hehehe. Ini sekarang harus nyiapin makalahnya nih buat dikirim ke sana. Nanti dicetak gitu di  prosiding.
Bapak : Ya baguslah, bisa buat portofolio kamu.
Mama : Ini lagi ribet gini kamu kok nambah-nambah beban pikiranmu sih? Nggak nanti aja gitu kalo udah agak longgar [kami sedang sibuk pindah rumah dan saya sedang persiapan IELTS]. Terus itu kamu nanti ke sana dibayar nggak?
Saya : Aku udah lama daftarnya Ma. Ini baru diumumin aja... Enggak Ma. Pemakalah bayar malah biaya pendaftaran.
Mama : Ih kok gitu sih. Terus itu disediain penginapan apa engga? 
Saya :  Penginapan sendiri..paling panitia nyediain informasi  gitu yang deket-deket kampus. Dari penginapan ke kampus disediain transportasi sih.
Mama : Harus ya pergi? Buat apa sih?
Saya : Ya..harus. Masa udah daftar engga pergi. Hm buat apa ya. Buat publikasi, pengalaman juga.
Mama : Hmmph.
Saya : (dalam hati) yah kirain jadi berita bagus -____-

Sakit hati? Enggak. Ngerasa ngenes? Iya.

Solusinya? Saya puaskan diri saya dengan rasa bangga saya sendiri. It's my life, anyway. Saya yang mengusahakan, saya yang meraih, dan (kalau diizinkan Tuhan) saya yang akan memetik hasilnya. Jadi saya bangga-banggain aja diri saya sendiri. Maafin kalau at times jadi kesannya narsis. Everytime person needs a compensation, this is mine

Enough babbling. Pokoknya. Inti dari cerita ini adalah. Kalau kamu (seolah-olah) nggak didukung, jalan terus aja selama itu hal baik. Bisa jadi mereka bersikap begitu untuk memicu kamu (saya), supaya selalu merasa kurang dan meraih lebih. Dan banggalah sama dirimu sendiri. Luangkan waktu untuk merasa: this is me and I am so damn cool.

*pake kacamata item lalu melangkah pergi*





Comments

Popular posts from this blog

Beasiswa LPDP #5 - Persiapan Keberangkatan (PK)

Terima Kasih Tuhan

Surat 1