Beasiswa LPDP #6 - Menyapa Indonesia "Plampang Cerdas"

Pembangunan Indonesia yang berkelanjutan merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Program pembangunan ini sejatinya dijalankan secara terus menerus mengingat Indonesia adalah negara yang besar dimana ketidakmerataan pembangunan menjadi hal yang patut diwaspadai. Indonesia tidak hanya berdiri di atas pondasi kota besar nan megah, tetapi juga disokong oleh desa-desa yang sebagian masih menjadi cerminan nyata bagaimana kesejahteraan belum merata di negeri ini. Sebagai penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (BPI-LPDP), kami berkomitmen untuk melakukan proyek pengembangan masyarakat dan bersinergi dengan seluruh pihak sebagai bentuk kepedulian sosial.

Menyapa Indonesia hadir sebagai salah satu program untuk mengasah empati dan kepedulian sosial para calon pemimpin masa depan. Melalui program ini, kami berkomitmen untuk bersinergi membangun daerah yang jauh dari kondisi sejahtera. Program ini berisi kegiatan yang diharapkan secara jangka panjang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tertinggal baik dari segi infrastruktur, ekonomi, kesehatan, maupun pendidikan dan kebudayaan. Sasaran utama dari program Menyapa Indonesia adalah daerah-daerah tertinggal di Indonesia yang mengalami salah satu atau keempat permasalahan tersebut.

Kami, PK-48 Gempita Nusantara, melalui Menyapa Indonesia, berusaha memberikan kontribusi nyata di tengah gempita pembangunan yang sedang disemarakkan oleh berbagai pihak. Mengusung simbol layang-layang, kami berupaya untuk menerbangkan cita-cita kami setinggi mungkin, menyentuh negeri ini, demi membangun Indonesia yang lebih mandiri.

Program Menyapa Indonesia yang kami jalankan mengambil lokasi di Dukuh Plampang, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Melihat fenomena kekanekaragaman budaya dan kekayaan sumber daya alamnya, maka kami berinisiatif untuk berfokus pada pengembangan kualitas masyarakat di daerah tersebut melalui pendidikan dan pelatihan. Program ini akan kami jalankan hingga 2-3 tahun ke depan. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa kader di desa binaan kami sudah siap untuk berkembang secara mandiri.

Dukuh Plampang hanya berjarak sekitar 56 km dari Kota Yogyakarta dan dapat diakses dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Namun demikian, sebagian besar warga Dukuh Plampang yang bekerja sebagai penderes nira berada di bawah garis kesejahteraan. Ironisnya, hal tersebut juga mempengaruhi generasi muda di daerah tersebut. Ketika kami bertanya pada siswa SMP Negeri 3 Kokap apa cita-cita mereka setelah lulus SMP, sebagian isi kelas menjawab akan bekerja nderes nira atau sebagai petani nira. Tidak sedikit dari mereka yang menyatakan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena ketiadaan biaya.

Berlatarbelakang pengetahuan akan potensi dan kebutuhan di Desa Kalirejo, kami mengadakan program-program sebagai berikut.

Beasiswa Gempita
Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar yang lebih luas bagi siswa SMP berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA/SMK melalui pembiayaan biaya sekolah, bantuan penyediaan peralatan sekolah, serta bantuan uang saku bulanan. Selama masa beasiswa, penerima beasiswa akan mendapatkan pendampingan oleh anggota PK-48 Gempita Nusantara serta pemantauan prestasi melalui sistem monitoring dan evaluasi per semester.

Rumah Baca Gempita
Kegiatan yang memiliki tujuan untuk menumbuhkan minat baca pada masyarakat terutama pada anak anak melalui penyediaan berbagai macam buku mulai dari buku bacaan ringan hingga buku-buku kecakapan hidup. Rumah baca ini juga akan menjadi sarana keterbukaan informasi masyarakat mengenai program-program beasiswa serta lowongan pekerjaan melalui kegiatan mading (majalah dinding). Lebih jauh lagi, diharapkan rumah baca ini bisa menjadi pusat teknologi yang menyediakan fasilitas internet sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk terus belajar dan berkembang.

Program Peningkatan Kecakapan Hidup
Program in bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat sekitar untuk menginisiasi industri kreatif yang mengoptimalkan sumber daya lokal (kayu, bambu). Masyarakat diharapkan memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan untuk membentuk dan mengembangkan usaha mandiri sehingga pada akhirnya mampu menciptakan peluang lapangan kerja baru yang mampu memperbaiki taraf hidup. Selain itu, melalui pelatihan dasar penggunakan komputer, perangkat Desa Kalirejo diajak untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani masyarakat melalui pemanfaatan teknologi.

Infografis Mi Rev Page 001

Untuk menyukseskan rangkaian-rangkaian program Plampang Cerdas, kami tidak bekerja sendiri. Kami ingin melibatkan masyarakat secara luas untuk turut berkontribusi. Karena itu, bagi masyarakat yang tergerak untuk Menyapa Indonesia melalui bantuan berupa materi, kami bukakan pintu selebar-lebarnya. Bantuan Anda akan kami salurkan untuk mendanai program Plampang Cerdas.

Donasi dapat disalurkan melalui kitabisa.com/miplampangcerdas atau langsung disampaikan melalui rekening BCA 1390059562 a.n Farah Aulia Rahman. Sedikit kelebihan rezeki Anda akan berarti banyak untuk kami :")







*artikel disadur dari web PK-48 Gempita Nusantara dengan perubahan seperlunya*






Comments

Popular posts from this blog

Beasiswa LPDP #5 - Persiapan Keberangkatan (PK)

Terima Kasih Tuhan

Surat 1